Sunday, September 4, 2011

Cara Perbaiki TV Jika Ada Garis Tengah Saja

Sering kali kita mendapati kerusakan tv yang layarnya menutup / terdapat garis horizontal di layar tv. Biasanya kerusakan pada tv tersebut terjadi karena tegangan yang masuk pada rangkaian vertical terlalu besar, untuk itu dioda pada rangkaian tersebut tidak mampu untuk menyetabilkan tegangan dan tegangan nya masuk ke ic vertical dan ic tersebut short / terjadi hubungan singkat.


Berikut adalah cara cepat untuk memperbaiki kerusakan tv yang layarnya menutup :

  1. Untuk pertama - tama seperti biasa buka cover tv
  2. Setelah itu groundkan tegangan yang terdapat pada tabung tv( caranya sama seperti kemarin yang telah saya bahas).
  3. usahakan sebelum melakukan perbaikan dan pengecekan , solder ulanglah PCB TV tersebut, karena biasanya kerusakan tv itu ada juga yang disebabkan karena solderannya yang sudah pada kendor.
  4. Setelah proses penyolderan ulang selesai, lanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu proses pengukuran tegangan, biasanya rata-rata untuk semua tv tegangan IC VERTICAL / osilator 24 V - 27 V ,jika kurang dari itu bisa jadi ic nya rusak.ganti aja
  5. Selain itu anda juga harus mengecek Elco B+( biasanya 470 uF/ 36 V atau 470 uF/ 50 V).
  6. Setelah pengecekan Elco selesai dan ternyata hasilnya masih baik, kita lakukan langkah berikutnya yaitu pengecekan Dioda( sebaiknya pengecekan semua komponen pada rangkaian elektronika itu dilakukan di luar rangkaian, karena kalau kita melakukan pengecekan didalam rangkaian biasanya hasilnya berbeda dengan hasil yang diluar rangkaian dan itupun tentu kita dapatkan hasil yang lebih memuaskan).
  7. Setelah pengecakan Elco selesai, lakukan pengecekan pada Resistor, sering kali resistor pada rangakian ini putus / terbakar karena tegangan yang melewatinya terlalu besar.
  8. Langkah berikutnya yaitu melakukan pengecekan tegangan yang masuk pada kaki B+ IC vertical. Pada kaki B+ ini seringkali tegangannya dibawah 24 V / bahkan mungkin tidak keluar sama sekali. pada kasus seperti ini IC Vertical sudah short dan harus diganti dengan yang baru.
  9. Ini adalah langkah terakhir pada perbaikan tv yang layarnya menutup .
    Apabila semua pengecekan diatas hasil dari pengecekan semua komponennya ternyata masih baik, kita lakukan langkah selanjutnya dengan melepas YOKE yang terdapat pada tabung tv. Lepas dan bersihkan yoke tersebut dan amatilah , biasanya ada lilitan yang terbakar
  10. Insyaallah jika semua sudah dilakukan dengan benar.maka gambarnya bias normal.

1 comments:

semua langkah di ats sdh saya lakukan namun hsl nya nihhil..apa laginkira2..pin5 input gak ada volt nya..pin out jika di sambungkan ke yoke jadi hilang votnya.

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites